Rabu, 24 Oktober 2012

Media penyimpanan disk (tugas ke-2 soft skill)

Nama             : Axa Parhara 
Kelas              : 2IC04
Npm               : 27411942
Mata kuliah : Soft skill (tugas ke-2)
A.   Media Penyimpanan 2
(Magnetic Disk)
  Floppy disk (diskette)
  Hard disk
Magnetic Disk  :  diskette
  FloppyFloppy disks adalah media penyimpanan yang bersifat flexible removable disket dibuat dari plastik. Disk melingkar didalam suatu bagian yang melingkupinya.. Disk dilapisi dengan partikel magnetic. Partikel magnet tersebutberlaku sebagai media penyimpanan data.
Disket dipasang pada floppy drive akan diputar dengan kecepatan 360RPM, dan menggunakan read/write head yang menyentuh permukaan dari disket.
5 ¼ inch










3 ½ inch        
DZip rives
Hardisk
  Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi.
   Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector.
Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan.
  Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya.
  Seek time : Waktu yang dibutuhkan untuk menggerakan read/write head pada disk ke posisi silinder yang tepat.
  Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.
Disk Akan Terbagi Menjadi
Tracks, Cylinder Dan Sector


SECTOR
  Sektor adalah unit penyimpanan fisik terkecil pada disk dan besarnya tetap (biasanya masing-masing dapat menyimpan informasi 512 byte)
  Sektor 0 berada pada track yang terluar dari cylinder yang paling luar, kemudian sektor berikutnya pada track yang sama, kemudian sektor pada track berikutnya(pada cylinder yang sama), jika semua sector pada semua track telah dibaca maka berpindah ke silinder berikutnya.
  Dalam sector ini bit per bit data disimpan
  Sektor pertama disebut juga dengan Master Boot Record (MBR), pada sector ini berisikan table partisi yaitu suatu table yang berisi informasi mengenai partisi yang ada pada hard disk.
  Berisi maksimum 4 entry, dibagi dalam 4 partisi yang disebut partisi primer. Setiap entry pada table partisi berisi bermaca-macam informasi diantaranya nomer sector saat dimulainya partisi, nomer akhir sector dan juga type partisi.
  Tipe Partisi berisikan spesifikasi dari system file. Dimana setiap system operasi akan mengenalinya
Figure : MBR (first sector) layout
                               Gambar Partisi Primer dan gambar hardisk 2 partisi primer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar